Windows detected a hard disk problem

Beberapa hari yang lalu, tanpa alasan yang jelas saya mendapatkan notifikasi dari OS windows 7.

Windows detected a hard disk problem

Awalnya masih ga begitu panik, saya masih harus mastiin dulu bahwa notifikasi ini beneran :O soalnya pembeliannya bulan Oktober 2010 jadi,  HDD ini belum terlalu lama saya gunakan.  Setelah nyari info sana sini, forum, review, ampe nyobain HDD tuning, positif, notifikasi ini beneran ada -___-. Dan itu artinya saya harus segera ganti HDD. Sebenarnya sih ganti HDDnya ga akan jadi masalah, karena HDD ini masih dalam garansi(Seagate HDD pembelian < 2011 garansi masih 3 tahun, CMIIW). Saya cukup RMA ke service center, HDD diganti dengan yang baru :O. Yang jadi masalah, saya butuh space buat back data yang jumlahnya ga sedikit (1,5 TB). Soalnya setelah beberapa kali booting, HDD ini malah ga ke-detect di OS, bahkan di Bios. Saya harus nyobain di komputer temen buat mastiin data masih bisa diselamatkan dan setidaknya bisa backup data yang bener² penting :D hehehehe

Setelah mikir panjang, akhirnya saya mutusin buat beli HDD baru sebelum RMA HDD yang bermasalah. Awalnya berencana beli SSD, hanya saja harganya masih jauh di atas rata². Mungkin di waktu mendatang. Seagate 2 TB resmi menjadi hardware baru di dalam casing hitam saya. :D dan semoga HDD ini dan yang lainnya ga bermasalah di waktu mendatang. Amin.

Sekarang  saya hanya butuh ke service center buat RMA HDD yang lama. Semoga prosesnya mudah dan cepat. Amin :D

#notes

Kayanya banyak yang ngalamin hal yang sama. Saran saya, selagi HDD masih bisa diakses datanya segera diback-up trus diganti dengan HDD yang baru.