Alasan Utama

Perjalanan lebih baik dihitung berdasarkan teman ketimbang jarak yang telah ditempuh.

Ya, seseorang pernah berkata begitu. Aku setuju dengannya. Perjalanan akan tetap menyenangkan selama kita bersama teman. Tak peduli tujuannya ke mana, pasti ada cerita yang membuat kita tertawa. Tapi dari perjalanan yang telah dilakukan ternyata yang terjadi sedikit berbeda. Teman tetaplah harus dipilih.

Saat ini kita juga dalam perjalanan bukan? Perjalanan yang tidak kita tahu akhirnya. Hidup juga sebuah perjalanan. Perlu rencana, usaha, do’a dan berserah diri untuk menjalaninya. Tak berbeda dengan perjalanan lainnya, hidup membutuhkan teman.

Teman perjalanan akan sangat mempengaruhi cerita yang kita dapat. Bagaimana suasana terbentuk, masalah diselesaikan, hingga tawa tercipta lebih mudah jika kita berjalan dengan teman yang memberikan kenyamanan. Teman yang mau berjuang bersama dan melihat tujuan akhir yang sama.

Dalam hidup, perjalanan sedikit berbeda. Bukan teman yang menjadikan semuanya berakhir indah. Tetapi tujuan akhirnya. Teman yang tepat menjadikan semuanya lebih mudah, karena akan lebih banyak usaha dan do’a. Aku jelas ingin akhir perjalanan yang bahagia. Surga Allah. Aku yakin engkaupun begitu. Bukankah itu adalah alasan utama perjalanan ini kita mulai?