Computational Knowledge Engine

Kemaren abis ngubek2 subforum education di idws. Nemu 1 topik yang menarik buat saya. Pasti udah pada tau kalau google merupakan search engine andalan buat nyari sesuatu di internet. Tapi udah pada tau soal wolframalpha ? wolframalpha merupakan  tipe search engine baru yang tepatnya bisa disebut computional knowledge engine, kenapa bisa di bilang begitu..?

Tidak sama dengan google, yahoo, msn dll yang hasil mereka adalah list website yang berhubungan dengan kata-kata yang kita ketik di dalam form search mereka (*yang biasa kita sebut keyword). nah klo si wolframalpha ini, hasil dari pencariannya diperoleh dengan  melakukan perhitungan dari basis pengetahuan internalnya sendiri, bukan mencari web dan memberikan link *cool isn’t it?

Saya kebetulan telah mencoba beberapa keyword yang berbeda untuk wolframalpha.  Kebetulan saya telah mencoba keyword  persamaan kuadarat , tanggal, nama kota. Hasilnya awesome, persamaan kuadrat diselesaikan dengan tepat disertai grafik penyelesaian. Begitu juga dengan tanggal dan nama kota, maka wolframalpha akan mencari sejarah yang berhubungan dengan keyword tersebut. Untuk tanggal bahkan ditampilkan jangka waktu yang telah dilalui dengan tanggal yang telah kita inputkan ^^. Untuk topic, wolframalpha memiliki segudang topik seperti date and time, statistik, kimia, fisika, matematika, city, history, computer, culture dan banyak topik lain :D

Tujuan WolframAlpha adalah membuat ilmu pengetahuan dengan cepat bisa diakses dan dicari semua orang. Mesin pencari ini, selain punya mesin cerdas, juga mengoleksi berbagai input data , model, metode dan algoritma dari yang mudah hingga sulit. Selain itu kita diberi kesempatan memberikan feedback pada hasil search yang diperoleh.